About Me

logo
Acid Opal (Naufal Rasyid) adalah seseorang memiliki passion di dunia IT. Programming , desain, networking dan semua hal yang berhubungan dengan IT dia sukai dan dia pelajari. Melalui blog ini, mas opal akan berbagi kepada kalian mengenai [...]

Tutorial Search Phalcon

Muslim Programmer / Programming  / Phalcon  / Tutorial Search Phalcon

Tutorial Search Phalcon

Tutorial Search Phalcon ini akan mencari data berdasarkan query yang kita inginkan, ketika kita memasukan data yang akan dicari maka otomatis phalcon akan mencari data yang terkait didalam database. Setelah sebelumnya kita telah mempelajari Tutorial CRUD (#Create,#Read,#Update,#Delete) maka tutorial ini akan melengkapi sobat untuk berkenalan lebih dalam tentang phalcon. Sebelumnya mohon maaf karena saya baru sempat menulis karena kemarin keasikan ngulik lebih dalam tentang phalcon mengenai routes,di, dll wuahh semakin dalam saya menyelam semakin dalam saya mencintai framework yang satu ini hehehe semoga penggunanya akan semakin banyak 😀 Yeay!!


Artikel ini merupakan series tentang Tutorial Phalcon yang merupakan framework php tercepat saat ini. Sebelum sobat membaca artikel ini tentang Tutorial Search Phalcon Diharapkan sobat membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya tentang Tutorial CRUD #Delete



Konsepnya sangat sederhana, sebelum kita ngoding kita harus paham dulu bagaimana proses dalam Search atau pencarian bekerja : Kita buat Form search , Form ini lah yang akan mengirimkan data yang akan kita cari dan kemudian akan mengirimkannya kepada controller , lalu controller akan menjadi jembatan penghubung antara views-controller-dan model(database) kemudian akan dicari jika data yang dikirimkan form dan dicocokan dengan database tersedia maka akan dikirim datanya dihalam hasil pencarian.

Harap ikuti langkah-langkah dibawah ini secara bertahap :

1. Menambahkan form search


Tambahkan form search diatas table User (crud_phalcon/app/views/user/index.volt). Form inilah yang akan mengirimkan data kepada aksi user/search usernya adalah nama controllernya dan search adalah nama method atau aksinya.

Jika sudah silahkan save , maka tampilannya akan menjadi seperti gambar dibawah ini :

search


2. Menambahkan Aksi Search


Setelah form search selesai dibuat maka selanjutnya adalah membuat aksi ketika data dari form search dikirimkan menuju kontroller maka disinilah tempat untuk mengeksekusi query yang dikirimkan tadi dan mencarinya di database yang kita miliki.
Tambahkan kode dibawah ini di UserController.php , dan jangan lupa tambahkan pula use Phalcon\Mvc\Model\Criteria; sesudah < ?php pada bagian atas.

Maka script UserController.php akan menjadi seperti ini dibawah ini silahkan dicek apakah kodingan sobat telah sesuai atau belum.

Penjelasan :
Fungsi dari use Phalcon\Mvc\Model\Criteria; adalah untuk memanggil fungsi yang dimiliki phalcon untuk mencari data sesuai dengan kriteria / persyaratan karena dalam pencarian data akan ada kondisi-kondisi tertentu ketika kita akan menampilkan hanya pada satu bagian saja dalam proses pencarian data.



3. Membuat View Search


Kita akan membuat tampilan view search dimana data hasil pencarian akan ditampilkan. Ada 2 kondisi disini jika data yang kita cari ada didalam database maka akan muncul tabel data yang kita cari dan jika tidak ada maka akan muncul hanya sebuah teks : No data.

Berikut ini merupakan tampilan dari hasil pencariannya jika data tersebut ada!

hasil pencarian
Berikut ini merupakan tampilan dari hasil pencariannya jika data tersebut tidak ada!

nodata


Selamat! Kini sobat telah bisa membuat Search menggunakan Phalcon! silahkan untuk terbang bersama phalcon ?



Naufal Rasyid

im.acidopal@gmail.com

Sharing Learning And Make A something!