About Me

logo
Acid Opal (Naufal Rasyid) adalah seseorang memiliki passion di dunia IT. Programming , desain, networking dan semua hal yang berhubungan dengan IT dia sukai dan dia pelajari. Melalui blog ini, mas opal akan berbagi kepada kalian mengenai [...]

Perkenalan Framework Phalcon

(The Fastest Framework PHP)
Muslim Programmer / Programming  / Phalcon  / Perkenalan Framework Phalcon
perkenalan phalcon, phalcon, tutorial phalcon, phalcon php, fastest framework php phalcon, php , framework php, framework php tercepat

Perkenalan Framework Phalcon

Perkenalan Framework Phalcon

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sharing tentang Tutorial Phalcon. Apakah itu phalcon ? Apakah ia sejenis burung yang dapat terbang hehehe bukan itu, phalcon merupakan framework PHP yang super cepat karena mampu mengatasi deathlock ketika website yang kita miliki memiliki traffic atau pengunjung yang sangat tinggi. Penemaan phalcon sendiri terinspirasi dari burung phalcon, karena logo pada official phalcon menggunakan burung phalcon sebagai iconnya. Diusianya yang masih muda ini pun phalcon bergerak melesat hal ini bisa dilihat dengan beberapa penyedia hosting yang sudah mensupport penggunaan framework phalcon untuk membuat website yang kita inginkan. Saya sendiri pun sangat excited dan antusias dengan hadirnya framework phalcon ini.

Phalcon adalah sebuah framework PHP yang bersifat open-source yang dibangun dengan ekstensi dari C. Tapi tenang saja kamu tidak perlu menguasai bahasa C untuk menggunakan framework ini, karena fungsionalitas dari C itu sendiri telah disajikan dalam class-class yang mudah digunakan dalam bahasa pemrograman PHP. Jadi , kita masih tetap menggunakan bahasa Php diframework ini akan tetapi kecepatannya hampir mirip dengan bahasa C karena phalcon sendiri dibuat dari ekstensi bahasa C.

Team Phalcon mengklaim bahwa framework ini memiliki performa yang tinggi dan sangat cepat, karena mengkonsumsi resource yang sangat sedikit. Selain itu, framework ini dianggap memiliki fitur yang kaya dan mudah digunakan. Dan saya sendiri pun telah membuktikannya. Akan tetapi semua hal tersebut tak akan kamu alami apabila kamu menggunakan Phalcon, karena framework ini telah membuang berbagai validasi yang tidak dibutuhkan, memperpadat code dan melakukan optimisasi performa.

phalcon, tutorial phalcon, phalcon php, fastest framework php phalcon, php , framework php, framework php tercepat

Framework ini mengadopsi prinsip OOP (Object Oriented Programming). Kebanyakan framewok yang berbasis OOP membutuhkan keterlibatan dan inheritance dari banyak file dan ratusan baris code program untuk dieksekusi, yang membuat kebanyakan framework ini membawa beban eksekusi yang berlebih sehingga aplikasi-aplikasi kompleks yang dibangun menjadi lebih lambat.
Sebagai gambaran, pada framework umumnya, saat aplikasi/web telah dijalankan, untuk memenuhi 1x request dibutuhkan hingga ratusan file (bahkan bisa sampai 300 file+) yang diInclude. Sangat tidak efektif bukan ketika kita harus memanggil banyak file dikodingan atau script yang kita buat.

Saat ini Framewrok Phalcon ini sudah update versi 3.00 , diversi yang ke3.00 ini telah phalcon telah berkembang dengan pesat dibandingkan dengan versi sebelumnya diantaranya :
#Basic Features

  1. Low overhead
  2. MVC & HMVC
  3. Dependency Injection
  4. Rest
  5. Autoloader
  6. Router

#Data Storage

  1. ORM
  2. PHQL
  3. ODM For Mongo
  4. Transactions
  5. Autoloader
  6. Cache

#View & Frontend

  1. Template engines
  2. Template Engine (Volt) -> Dibuilt bahasa C untuk Php
  3. i18n-> Translate website dengan berbagai bahasa
  4. Forms Builder
  5. Flash Messages

#Fitur Yang Lain

  1. 1. ACL -> Membatasi hak akses kontrol pada controller
  2. 2. Sharding
  3. 3. Events
  4. 4. Queueing – background process



Keunggulan dan Kelemahan Phalcon

Kita mulai dari keunggulan Phalcon :

  • 1. Performa yang lebih cepat, tidak banyak mengkonsumsi resources sehingga membuat website semakin cepat diakses.
  • 2. Simple dan efisien, kita bisa menggunakan fungsionalitas framework secara penuh atau hanya menggunakan beberapa bagian dari fungsi-fungsi tersebut sebagai komponen untuk dipasang pada website kita.
  • 3. Berinteraksi dengan database secara lebih optimal karena menggunakan ‘C-language ORM’ untuk PHP
  • 4. Fitur-fitur yang memanjakan developer seperti : ORM, query language, template engine, i18in, phalcon-devtools dll yang sangat berguna bagi para programmer/developers.
  • 5. Mengusung konsep MVC & HMVC , sehingga kita dapat memilih salah satu diantara keduanya karena mungkin kita sudah terbiasa dengan konsep penulisan MVC maupun HMv.
  • 6. Sangat mudah diinstal di operating system windows. Hanya tinggal menambahkan extenstionnya saja dixampp yang kita miliki. Dan merubah sedikit setting pada windows kita.

Kekuranganya :

  • 1. Masih sedikit orang diIndonesia yang belum kenal dengan Phalcon *belum populer* maka saya ingin mempopulerkan dan mengembangkan framework ini dengan menulis artikel pengenalan dan tutorial phalcon.
  • 2. Dokumentasi diphalcon yang buruk menurut saya karena belum diupdate masih menggunakan versi yang lama karena ada sedikit perubahan dalam konsep dan cara penulisan diversi yang baru dengan versi yang sebelumnya. Namun, hal itu sedang diperbaiki oleh developers phalcon terakhir saya lihat ada perubahan dalam dokumentasi dan interface website phalcon yang user friendly semoga dengan perubahan ini para programmer/developers yang lain tergerak tangannya untuk ngoding dan menerapkan framework phalcon diwebsitenya.
  • 3. Cukup rumit melakukan instalasi di ubuntu. Tapi overall bisa jika kita mengikuti step by step caranya.



Tertarik dengan phalcon ? Tunggu artikel selanjutnya yang akan membahas tentang phalcon!
See you!

Naufal Rasyid

im.acidopal@gmail.com

Sharing Learning And Make A something!

  • Denny Danoewidjaja

    Phalcon ini buatan indonesia ya?di website nya kok pake bahasa indonesia?