About Me

logo
Acid Opal (Naufal Rasyid) adalah seseorang memiliki passion di dunia IT. Programming , desain, networking dan semua hal yang berhubungan dengan IT dia sukai dan dia pelajari. Melalui blog ini, mas opal akan berbagi kepada kalian mengenai [...]

Konsep Dasar MVC

Muslim Programmer / Programming  / Phalcon  / Konsep Dasar MVC
manfaat belajar bahasa pemograman, pentingnya belajar bahasa pemograman, belajar pemograman itu asyik mudah dan seru

Konsep Dasar MVC

Pada artikel kali ini kita akan bersama-sama mempelajari Konsep Dasar MVC , sebelum kita jauh lebih dalam menyelam dan menjelajah tentang Phalcon , terlebih dahulu kita harus mempunyai pehamanan dasar yang kuat mengenai apa yang harus kita kerjakan.


MVCmerupakan kepanjangan dari Model, View, Controller hampir diseluruh framework php memiliki konsep dasar ini dimana hal ini akan mempermudah sebuah tim untuk menyelesaikan suatu project yang dikerjakan. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi.

  • View, merupkan bagian yang berhubungan dengan tampilan/halaman utama hal ini berkaitan dengan desain visual websitenya biasanya dalam sebuah proffesional tim ada yang khusus untuk mengurusi bagian view ini yaitu UI & UX designer karena tampilan sangat berpengaruh untuk kemudahan user dalam menjalankan website yang sobat.
  • Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.
  • Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.

Kesimpulannnya adalah :
View : Bagian untuk tampilan (form-form button dll)
Model : Bagian untuk penyimpanan database
Controller : Pengelola yang menghubungkan antara view,model & controller.

Contohnya :
Jadi misalnya Anda ingin membuat akun facebook atau e-mail. Pertama Anda akan melihat tampilan sign-up / register itulah View, kemudian Anda menuliskan form pengisian seperti username, password, dll dan Anda klik sign-up / register maka di sini View memanggil Controller dan Controller memanggil Model, sedangkan Model mengecek apakah Anda sudah sesuai dengan kriteria pendaftaran seperti sudah mengisi username, password dan lain sebagainya. Kemudian Model menggembalikan (callback) ke Controller dan Controller mengembalikan ke View, dan kita akan melihat berhasil atau tidak kita sign-up/register.


mvc_konsep

Naufal Rasyid

im.acidopal@gmail.com

Sharing Learning And Make A something!