About Me

logo
Acid Opal (Naufal Rasyid) adalah seseorang memiliki passion di dunia IT. Programming , desain, networking dan semua hal yang berhubungan dengan IT dia sukai dan dia pelajari. Melalui blog ini, mas opal akan berbagi kepada kalian mengenai [...]

Decision

Decision

Decision/Keputusan
Dalam hidup tentu kita ketahui bahwa terlalu banyak pilihan yang datang menghampiri kita tidak terhitung berapa banyak keputusan yang telah kita ambil dalam memilih suatu pilihan. Bahkan dalam ujian nasional pun kita dituntut untuk mengambil keputusan memilih salah satu diantara pilihan lainnya dalam bentuk pilihan ganda. Tapi kita tidak bisa mengelak dari hal itu karena itu merupakan ketetapan dari allah kepada kita bahwa kita harus memilih keputusan ketika dihadapkan dua pilihan atau lebih.

Akhirnya .. setelah hampir 2 bulan lebih tidak menulis diblog ini dan baru saat ini memiliki waktu luang untuk menulis hahaha maaf ya pak bu blog ini telah lama ditinggalkan oleh pemiliknya dikarenakan kesibukan yang menyita (read : sosibuk).

Yeay .. postingan baru dan tampilan baru hehehe setelah sekian lama tidak menulis akhirnya aku ingin membagikan kisahku semoga bisa memberikan inspirasi kepada teman-teman.


Tak terasa kini aku sudah 6 bulan menjadi santri Qodr (Pondok Programmer) Pusat Yogyakarta, aku teringat ketika harus dihadapkan sebuah pilihan yang membuatku bingung menentukan pilihan yang menyangkut masa depanku untuk melanjutkan kemana dan dimana selepas SMK ini hahaha terlalu.


Pertama-tama aku ingin bercerita tentang kisahku selama diSMK, aku sekolah di SMK Informatika Pesat , Bogor . Sekolah swasta yang saat ini menjadi sekolah favorit dikarenakan program pembelajarannya yang menerapkan sistem pendidikan firlandia *meski tidak sepenuhnya sama* yaitu dengan learning by project hampir semua pembelajarannya terdapat tugas praktek untuk mengaplikasikan pembelajaran yang sudah dipelajari. Dari SMP aku aktif diorganisasi , dari OSIS sempat menjabat Ketua 1 (Wakil Ketua) bahkan pernah mencalonkan menjadi ketua OSIS akan tetapi di diskualifikasi dikarenakan tidak mengikuti orasi karena aku harus menghadiri pemakaman mbah uyutku ke jogja. Dan ekskul pramuka dan rohis.


Aku telah menemukan passionku semenjak SMP , dari SMP aku suka ngulik belajar sendiri tentang dunia pemograman dimulai ngeblog sedehana melaluii blogger dari situlah aku mengetahui html , xml , css bahkan editing gambar menggunakan photoshop dan pernah pula mendapatkan uang jajan tambahan dari pembuatan tema blog yang aku buat hahaha dari situlah awal mula aku menemukan passionku kemudian aku belajar lebih dalam lagi mengenai dunia pemograman dan ternyata itu sangat luas ada banyak hal yang harus aku pelajari. Dari SMP aku telah menggunakan linux sebagai operating system utamaku, dari SMP pula aku belajar php , java dan pernah membuat sebuah aplikasi twitter client yang bernama Fortwit. Hingga akhirnya semakin aku penasaran menguliknya lebih dalam aku memutuskan untuk menabung untuk membeli notebook dan akhirnya kebeli jugaa itu notebook dari hasil jerih payahku sendiri awalnya semua itu aku lakukan diwarnet , ketika sebagian banyak orang seusiaku pergi ke warnet untuk bermain games online akan tetapi aku malah belajar sesuatu yang mungkin menurut sebagian besar orang itu rumit dan memusingkan.


Dari situlah aku memiliki tekad yang kuat untuk menekuni bidang tersebut , akan tetapi ada sebuah permasalahan? Apakah itu? SMK Negeri dikota Bogor tidak ada yang sesuai dengan bidang yang kuminati , RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) / Software Engineering merupakan jurusan yang sesuai jika aku ingin menekuni passionku. Dan apa keputusan yang aku ambil ? Aku memilih untuk bersekolah disekolah swasta dan pilihanku jatuh kepada SMK Informatika Pesat , Bogor. Tidak ada penyesalan yang aku rasakan ketika harus memilih itu. Karena apa? karena ternyata allah memberikan hasil yang terbaik terhadap keputusan yang aku buat.


Di SMK aku senantiasa berprestasi dari kelas 10 – 11 semester 1 selalu rangking 1 dikelas bahkan satu sekolah, ya meskipun semester 2 dan yang lainnya nilainya turun hahaha ko bisa turun nilainnya ? hmm.. sulit untuk menjawabnya tapi mungkin alasan terbesarku adalah aku bisa merasakan bagaimana rasanya ketika sudah diatas dan tiba-tiba jatuh kebawah , karena aku yakin bahwa nilai itu hanyalah angka yang menjadi tolak ukur sebuah ilmu adalah nilai dari kemanfaatan yang telah kita berikan kepada orang banyak hehehe Aku sangat mencintai sekolahku dan sangat bangga menjadi bagian dari almamater SMK Informatika Pesat , dan sampai sekarangpun aku tetap memberikan kontribusi yang bisa kulakukan terhadap sekolah tercintaku.


Begitu banyak pelajaran hidup yang aku dapatkan ketika aku berskolah disekolah ini, aku menemukan titik balik kehidupanku ketika aku belajar disekolah ini, aku memutuskan untuk hijrah ketika aku sekolah disekolah ini. Dan hasilnya pun tidak main-main atas keputusan yang aku buat untuk memutuskan sekolah disini. Meskipun hanya sedikit prestasi yang bisa aku torehkan kepada sekolah yang baru berdiri ini tapi aku merasa terhormat ketika menjadi orang pertama yang menjuarai lomba lks web desing tingkat kota Bogor , meskipun hanya menjadi juara 2 tapi aku merasa beryukur atas kemenangan itu dan hal itulah yang menjadi awal penyemangat bagiku untuk membuat ekskul baru di SMK Informatika Pesat yang bernama iCoding , apa itu iCoding? Semua orang bisa coding. Apa itu coding ? Coding adalah proses dalam pembuatan software aplikasi. Jadi bisa disimpulkan bahwa iCoding adalah ekskul bagi mereka yang ingin belajar membuat software aplikasi. alhamdulillah ekskul yang aku buat bersama guruku ini masih berjalan hingga saat ini dan masih berkarya menciptakan sesuatu hal yang dapat memberikan manfaat. Tak hanya itu, aku pun menjadi Ketua OSIS periode 2014/2015 sangat berkesan ketika diberikan amanah untuk menjadi seorang pemimpin dan dari situlah aku belajar banyak hal tentang kepemimpinan senang rasanya bisa menerapkan ilmu yang aku peroleh dari CerdasMulia Institute ataupun Mental Coaching Character (MC2).


Itu dia kisahku ketika dihadapkan oleh suatu pilihan untuk menerukskan pendidikanku selepas SMP , meskipun sebagai orang populer ketika itu harus sabar mendapat banyak pertanyaan dan sindiran kenapa ga lanjut ke sma negeri / smk negeri hahahaa aku pun hanya bisa memberikan mereka senyuman percuma kalau aku menjelaskan kepada mereka dan mereka menyangkalnya dengan argumen yang mereka punya.


Dan kini kejadi seperti itupun terulang lagi , ketika lulus SMK banyak teman-temanku memilih untuk kuliah dan bekerja. Sementara aku ? jauh dari sebelum hari ujian nasional dimulai aku memutuskan dengan bulat tekatku untuk menjadi seorang santri di Pondok Programmer Yogyakarta.
Maka pertanyaan besar itu pun muncul … KENAPA ? Kenapa melanjutkan mondok , ga gaul banget lo hahahaha nikmatin masa muda men mending kuliah banyak waktu luang dan dapat gelar jadi pns hidup terjamin hahahaha mending kerja biar bisa kuliah dapet gelar jadi pns ..
Entah kenapa banyak orang yang memiliki pemikiran seperti itu .. sementara aku hanya tertawa jika ada orang yang masih memiliki pemikiran seperti itu .. tapi aku hargai mereka yang memiliki pemikiran seperti itu..


Dan tak terasa aku telah 6 bulan stay di Yogyakarta, aku cinta dengan kota ini dengan keramah tamahan para penduduknya dengan budayanya dengan makanannya dan dengan orangorangnya *eh hahahhaha Apakah aku menyesal memilih pilihan ini ? Tidak, aku tidak menyesal karena dari sinilah aku bisa belajar banyak hal . Belajar menjadi khotib di masjid kampung dekat pondok, belajar menjadi guru ngaji anak-anak kecil dikampung, fokus memperdalam passionku dibidang IT dan aku bersyukur karena dipondok ini sangat up to date terhadap informasi utility tekhnologi . Dan aku pun memutuskan untuk menjadi pengurus dan membesarkan pondok-ku ini sama seperti halnya aku membesarkan sekolah-ku meskipun secara tidak langsung tapi aku ingin ikut turut serta mengambil andil alih didalamnya . Karena doaku “cabutlah nyawaku ketika aku sudah tidak bisa memberikan manfaat lagi bagi orang banyak” . Aku ingin mengembangkan pondok karena aku yakin diluar sana banyak yang tidak bisa merasakan bangku pendidikan maka program pondok ini dibuat 100% gratis mungkin diartikel selanjutnya aku akan bercerita banyak tentang pondokku ini.


Untuk menutup kisahku ini aku akan share point penting dari ini semua yaitu :

Ikut sertakan allah terhadap setiap keputusan yang kamu buat karena allah tahu mana yang terbaik untukmu.

Terkadang menurut kita baik tapi tidak menurut allah , begitu pula sebaliknya terkadang menurut kita buruk tapi menurut allah itu baik. Jadi kesimpulnnya adalah allah tahu mana yang terbaik hambanya. Apapun keputusanmu ketika akan mengambil ketputusan ingatlah satu hal , libatkan allah dalam segala hal keputusan yang kamu buat.



Naufal Rasyid

im.acidopal@gmail.com

Sharing Learning And Make A something!